Baitul Maal

PINJAMAN BERGULIR

Komunitas Pasar Muamalah Nusantara memiliki program pinjaman dana ta'awun atau tolong-menolong sesama anggota secara sukarela, tanpa bank, tanpa bunga, tanpa riba, dan tanpa akad yang bathil.

Pinjaman ini merupakan bentuk kerjasama awal bagi anggota baru sebelum dapat melakukan bentuk kerjasama lainnya, baik dengan sesama anggota maupun dengan pengurus organisasi. Sebagaimana disebutkan bahwa jika ingin mengetahui akhlak seseorang, maka lihatlah akhlaknya ketika membayar utang.

Pinjaman bergulir besarnya adalah Rp 1.000.000,- dengan jangka waktu pengembalian selama 10 bulan. Sumber dana pinjaman berasal dari simpanan wajib, cicilan, infaq dan sedekah anggota.

Untuk diketahui saldo yang terkumpul dari seluruh potensi sumber pendapatan tersebut hanya akan dipergunakan untuk membiayai program ini. Sehingga jika seluruh anggota bersikap dermawan, lancar membayar cicilan, senang melakukan top up saldo sebagai simpanan sukarela, dan bagi yang menunggu giliran senang membayar infaq dan sedekah, maka saldo kas akan memiliki dana yang cukup untuk menyalurkan pinjaman bergulir setiap bulan.

Laporan neraca keuangan akan dilakukan setiap seminggu sekali, sementara pencairan pinjaman bergulir akan dilakukan setiap sebulan sekali. Pembayaran iuran anggota, simpanan wajib, cicilan pinjaman, infaq dan sedekah dapat dilakukan melalui pemotongan saldo.

==================================

SYIRKAH MUAMALAH

Disini kita akan berkumpul guna melakukan kegiatan ekonomi bersama-sama, menggunakan modal bersama dan hasilnya juga akan dibagi sama rata secara proporsional sesuai jumlah modal yang telah disetorkan.

Program ini adalah sarana edukasi bagi anggota untuk meninggalkan kebiasaan melakukan utang piutang, banyak yang bertanya kepada kami, apa solusi bagi orang yang terjerat utang riba? Jawabnya adalah jangan lagi berhutang. Sebagaimana perumpamaan, hal apa yang dapat kita lakukan jika terperosok ke lubang yang dalam, jawabnya adalah berhenti menggali.

Namun demikian jika tidak diperbolehkan melakukan kegiatan utang piutang lagi, lalu bagaimana jika ada kebutuhan yang sangat mendesak mendesak?

Disinilah tempatnya kami akan mengedukasi bagaimana menyusun perencanaan keuangan yang baik, mengelola cashflow, mendapatkan jaminan sosial, mendapatkan bantuan modal usaha, dan mengembangkan pola ekonomi syariah berjamaah dalam kehidupan sehari-hari.

Bagi anda yang tertarik bisa bergabung bersama kami dengan cara menekan tombol Syirkah Muamalah di bawah ini.

==================================

KOPERASI SYARIAH NUSANTARA

==================================

LUMBUNG EMAS KELUARGA NUSANTARA

Selamat bergabung bersama kami, semoga bermanfaat dan mencerahkan.

#SayNOtoRIBA
#PasarMuamalahNusantara
#EkonomiSyariahBerjamaah