PANDUAN

Terimakasih anda telah bergabung dengan aplikasi "BHP Lapak" atau bisa disebut sebagai 'Etalase Warga'.

Silahkan manfaatkan aplikasi ini dengan baik dan penuh tangung jawab.

Hal penting yang perlu diketahui dalam sistem kerja aplikasi ini. Aplikasi ini bekerja secara online dan sistem matis, akomulasi biaya belanja dan ongkir driver bagi costumer akan tertera pada aplikasi anda.

Jenis pembayaran pada aplikasi ini ada 2 model, (1) cash dan (2) melalui saldo aplikasi tinggal costumer tentukan pilihan jenis pembayaran saat ingin order pesanannya.

Pembayaran cash belanja + ongkir dapat anda bayarkan ke driver, sedangkan pembayaran melalui saldo aplikasi, saldo anda akan terpotong secara otomatis setelah proses penyesaian pengantaran order oleh driver.

Untuk custumer yang mengunakan aplikasi BHP Lapak tidak harus memiliki saldo, namun bagi mitra harus memiliki saldo baru bisa menjalankan kemitraanya, seperti driver, pedagang dan lainnya.

Fungsi saldo bagi mitra adalah untuk mengaktifkan kemitraanya sehingga akan mempermudah pemotongan fee atau komisi untuk aplikasi dari setiap transaksi mitra sebesar 15%.

Saldo bisa juga disebut sebagai uang elektrik yang sewaktu-waktu anda bisa tarik untuk menjadi uang cash, tarik saldo dapat dilakukan pada menu saldo dengan mencantum nominal penarikan, minimal Rp.100.000,- uang akan di kirim via rekening anda.

Fungsi saldo bagi costumer adalah untuk pembayaran produk atau jasa driver yang ingin bayar melalui saldo aplikasinya sehingga tidak harus mengeluarkan uang cash.

Contoh perhitungan pemotongan saldo mitra oleh sistem :

"Harga produk anda Rp.12.000 dengan rumus 15%÷100x12.000 = 1.800 komisi admin unk maintenance (pemeliharaan APK)".

Berarti ada baiknya dalam mencantumkan harga pada aplikasi ini bisa dinaikan harganya dari harga manual, semisal produk anda harga Rp.10.000 bisa dicantumkan Rp.12.000 sebagai penganti saldo anda yang terpotong, namun semua tergantung keputusan anda, kalau dari harga pokok jualan anda memungkin tidak perlu menaikan harga, ya...tidak perlu.

Ada banyak fitur yang bisa anda atur sebagai mitra pada aplikasi ini, seperti upload produk bisa dilakukan oleh mitra itu sendiri, apload produk kapan saja dan bisa mengedit harga maupun keterangan produk kapanpun bisa.

Untuk mempermudah cara kerja anda kami sertakan beberapa panduan berikut ini.

Cara Daftar Mitra dan Upload Produk :

Silahkan tab menu "DAFTAR MITRA" di halaman utama BHP Lapak layar anda akan mengarah ke menu "PRODUK" halaman untuk upload gambar produk/jasa, berikutnya silahkan tab icon plus (+) pojok kanan bawah untuk mengisi gambar produk/jasa yang ingin anda jual dan sertakan dengan nama barang, diskripsi serta harga untuk memudahkan pembeli atau pemesan memahami produk/jasa anda.

Selanjutnya pilih menu dan Scroll Kategori di bagian paling atas layar, pilih : Barang, Jasa, Blog atau Toko.

Cara Mengedit Produk :

Tab menu "Daftar Mitra" lanjut ke menu "DAFTAR MITRA" produk yang pernah anda upload akan terlihat pada halaman tersebut, berikutnya silahkan tab icon pensil disebelah kanan produk yang ingin anda edit.

Cara Daftar Driver atau Kurir :

Pilih menu "DAFTAR DRIVER" dilayar utama BHP Lapak, tap icon dan isi form yang terdiri plat nomor, model kendaraan, pilih tipe dan lanjutkan ke menu DAFTAR MENJADI DRIVER.

Tunggu konfirmasih dari admin anda di terima atau di tolak, semisal anda mendapatkan konfirmasih di terima menjadi driver atau kurir, langkah selanjut untuk bisa mulai menerima orderan silahkan anda melakukan pengisian saldo aplikasinya.

Cara Isi Saldo Aplikasi :

Silahkan tab menu "TOP UP" pada pojok kanan atas aplikasi anda, dan tentukan nominal request saldonya, bisa Rp.50.000, 100.000, 150.000 nilai kisarannya kelipatan 50.000. Untuk pembayaran bisa Top Up Dana.

Top Up Dana Ke : 081917159107
( Bisa di Alfamart dan Pegadean ).

Setelah transfer/top up silahkan kirimkan resi dihalaman chat aplikasi atau via menu chat whatsapp sebagai bukti bahwa anda sudah transfer, selanjutnya sesegera mungkin admin akan proses request top up anda.

Cara Membuat Jam Operasional Jualan :

Menentukan jam operasional untuk saat ini cuman dapat dilakukan oleh admin, bagin anda yang ingin buat jam operasional silahkan kirim ke admin jam operasional dengan format seperti di bawah ini :

Senin 16:00 - 21:30 wita
Selasa 16:00 - 21:30 wita
Rabu 16:00 - 21:30 wita
Kamis 16:00 - 21:30 wita
Jum'at 16:00 - 21:30 wita
Sabtu 16:00 - 21:30 wita
Minggu 16:00 - 21:30 wita

Cara Order Barang :

Pengunaan aplikasi ini sangat mudah. Pilih menu pada layar utama BHP Lapak sesuai kebutuhan anda, semisal anda ingin berbelanja makanan, pilih menu "GO FOOD" lalu pilih jenis makanannya, silahkan pilih menu order/pesan. Hal yang sama pula dengan jenis orderan yang lainnya.

Slanjutnya klik menu order/pesan anda akan diarakan ke maps dan silahkan tentukan route pengantaran dan pastikan anda memilih jenis/tipe pembayaran, Cash atau mengunakan Saldo aplikasi dari halaman tersebut anda sudah bisa melihat total biaya yang terdiri dari akomulasi harga produk dan biaya ongkir driver.

Dan langkah berikutnya lanjutkan orderannya , si driver/kurir akan sesegera mungkin mengantarkan belanjaan anda.