Seblak Hot
Seblak Hot

Rp 10,000

Bintang 0 Ulasan
Terjual : 0 Disukai : 0
Dilihat : 271 Stok :
=======Sejarah Seblak=======

Sejak awal tahun 2000-an yang lalu, ada sebuah jajanan populer berasal dari Bandung. Jajanan yang terbuat dari kerupuk basah yang dicampur kuah pedas dan telur, daging, dan sebagainya itu dikenal dengan nama seblak.

Apa itu Seblak?

Seblak merupakan olahan kerupuk udang yang disiram air panas hingga basah, kemudian diberi bumbu atau kuah pedas. Kerupuk basah itu biasanya dilengkapi dengan sayuran, telur, daging, bahkan ada variasi seblak dengan bakso, tahu, siomay, seafood, atau makaroni juga, lo!

Bahan lain yang digunakan untuk membuat seblak adalah bawang merah, bawang putih, kunyit, dan garam.

Seblak muncul di Bandung pada awal tahun 2000, banyak dijajakan di pinggir jalan maupun warung-warung makan. Dalam waktu yang singkat, seblak langsung populer di kalangan masyarakat Bandung.

Tekstur seblak kenyal, agak pedas, dan agak berbeda-beda tergantung variasi serta campuran bahannya. Ada pula jenis seblak kering yang digoreng, meski yang lebih populer adalah seblak basah.

Mirip Krupuk Godog dari Jawa Tengah dan Jajanan Masyarakat dari Cianjur

Meski demikian, banyak juga masyarakat yang berpendapat bahwa seblak bukanlah makanan asli dari Bandung, Jawa Barat. Sebab, jauh sebelum seblak muncul dan populer di Bandung, sudah ada sebuah makanan lain yang bentuknya mirip sekali dengan seblak.

Makanan itu bernama krupuk godog, berasal dari salah satu wilayah di Jawa Tengah, yaitu Sumpiuh. Krupuk godog sendiri merupakan makanan rakyat kecil di daerah tersebut dan sudah diciptakan sejak tahun 1940.

Ada pula versi lain yang mengatakan bahwa sekitar tahun yang sama, seblak sudah muncul di Cianjur dan menjadi makanan favorit bagi masyarakat kelas menengah ke bawah.


Belum ada ulasan

Mulai diskusi dengan seller jika Anda memiliki pertanyaan

Belum ada diskusi

Hot Kebab Kebanaran

Hot Kebab Kebanaran

Lihat Vendor

100% Chat dibalas

100% Diskusi dibalas