Halaman

Di era globalisasi ini, eksistensi dan kemajuan suatu bangsa ditentukan oleh Penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Penguasaan IPTEK sangat diperlukan, sebab setiap aktivitas dalam dunia global adalah sangat tergantung pada hal tersebut. Jepang kita kenal sebagai “Macan Asia” dengan kemajuan yang luar pengeboman yang dilakukan oleh Amerika. Oleh karena itu Jepang banyak sekali kehilangan sumber daya manusia dan juga alam, selain itu juga banyak kehilangan aset-aset penting. Namun belakangan, Jepang menjadi maju semaju-majunya. Kunci kesuksesan dari negara Jepang adalah pendidikan. Jepang sangat mengutamakan pendidikan pada masyarakatnya. Alhasil, Jepang telah berhasil membangun kembali kewibawaan bangsanya.

Kurangnya pendidikan di Indonesia salah satunya disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah minat baca yang rendah. Rumah Baca Taman Sekar Bandung menerapkan sistem membaca bersama “Reding Group” untuk menstimulus generasi muda serta anak-anak untuk gemar membaca. Atas dasar itu kami membentuk Rumah Baca Taman Sekar Bandung.

Rumah Baca Taman Sekar Bandung sendiri dibentuk pada tahun 2012. Atas dasar kegelisahan kami terhadap generasi muda serta anak-anak yang minim terhadap minat baca. Terutama di wilayah Kel. Cikutra, Kec. Cibeunying Kidul.

Rumah Baca Taman Sekar Bandung yang setia sampai sekarang terhadap generasi muda dalam melakukan pendampingan  di Bandung kususnya umumnya di Jawa Barat untuk membangun pendidikan dari berbagai sektor. Pendidikan yang telah kami lakukan salah satunya adalah pendidikan budaya dengan Reading Group “Bandung Purba” serta “Journey to Bandung Purba” untuk mengenal pembentukan kota Bandung dari segi geografis serta budaya. Selain itu, kami juga melakukan “Ekspedisi Literasi” terhadap budaya serumpun (Malaysia, Singapura, dan Brunei) dalam bidang sastra.

Kegiatan yang Telah Kami Lakukan

1.  Journey to Bandung Purba

Journey to Bandung Purba ini diambil dari buku T. Bachtiar yang berjudul “Bandung Purba”. Kegiatan ini lebih pada memperkenalkan Bandung Purba pada generasi muda serta anak-anak yang ada disekitar. Tidak sedikit pula dari luar Bandung yang ikut dalam kegiatan ini.

2. Ekspedisi Literasi

Ekspedisi literasi ini lebih menekankan pada budaya serumpun (Indonesia, Malaysia, Brunei serta Singapura) dalam wilayah sastra dan budaya. Kegiatan ini telah terselenggara di Bandung pada tahun 2015 serta di Kuala Lumpur Malaysia pada Februari 2016.

3. Membaca Taman

Membaca Taman adalah respon kami terhadap ruang yang ada di kota Bandung dengan sisi-sisi edukasi melaksanakan kegiatan baca tulis di taman-taman kota. Selain itu, supaya anak-anak tidak jenuh dengan membaca di ruangan.

Banyak prestasi yang pernah diraih oleh Taman Sekar Bandung di antaranya:

20 terbaik cerita Revitalisasi Si Kabayan (Balai Bahasa Jawa Barat)

Juara 3 lomba Mendongeng (Badan Bahasa Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan)

TBM terbaik 2016 kota Bandung

Tunas Bahasa Ibu 2017 (Badan Bahasa Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan)

Juara 2 Lomba Tulis Puisi (UNJ 2016)

100 Puisi Terbaik (Dewan Kesenian Indramayu)

Dll.

 Â