Kenapa Kita Perlu untuk Memiliki Aplikasi Android Sendiri?

Kenapa Kita Perlu untuk Memiliki Aplikasi Android Sendiri?

Dunia website yang begitu viral membuat kebanyakan pelaku bisnis ingin membuat website sendiri. Dengan biaya pembuatan website yang kini semakin mudah dan murah, banyak pelaku bisnis yang melebarkan sayap bisnisnya melalui pembuatan website. Hal ini memang wajar terjadi dan memang diperlukan mengingat banyaknya pengguna Internet aktif yang terus bertambah sampai sekarang.

Di balik perkembangan era website, butuhnya aplikasi Android untuk menunjang bisnis memang masih dipertanyakan. Hal ini dikarenakan para pelaku bisnis belum mengerti kegunaan-kegunaan yang menarik jika bisnisnya memiliki aplikasi bisnis Online sendiri. Padahal, dengan memiliki aplikasi Android sendiri, para pelaku bisnis dapat memperoleh kemudahan-kemudahan yang memberikan kelancaran pada bisnisnya.

Nah, berikut ini ide-ide aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk pelaku bisnis jika ingin memiliki aplikasi Android sendiri di Android Play Store.

 

Katalog Online

 

Contoh Katalog Online

 

Katalog biasanya di-print dalam bentuk kertas untuk menjelaskan kepada para customer tentang produk-produk yang dijual oleh pemilik bisnis. Hal ini banyak dilakukan oleh para penjual untuk mempromosikan produknya kepada para calon pembeli. Namun demikian, pembuatan katalog kertas seringkali menghabiskan biaya yang seharusnya bisa lebih dihemat.

Dengan memiliki aplikasi Android sendiri, para pemilik usaha dapat lebih menghemat biaya kertas. Hal ini dikarenakan pemilik bisnis tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk mencetak katalog. Cukup dengan membuat aplikasi Android sendiri, kita tidak perlu pusing-pusing lagi untuk menjelaskan katalog produk kita kepada customer.

Katalog online sangat diperlukan oleh perusahaan-perusahaan yang biasanya memerlukan katalog untuk menjelaskan produknya. Dapat juga digunakan oleh pemilik restoran atau kafe untuk memberikan informasi seputar menu-menu yang ada pada tempat makan tersebut. Dengan demikian, calon pengunjung dapat melihat-lihat menu pada tempat makan tersebut di Android Play Store sebelum memutuskan untuk berkunjung ke restoran atau kafe itu.

Pemilik bisnis dapat merekomendasikan customer mereka untuk melihat aplikasi bisnis online yang dimiliki. Setelah itu customer dapat meng-install software aplikasi bisnis yang telah dibuat. Hal ini membuat customer dapat melihat katalog perusahaan tersebut secara online yaitu melalui aplikasi Android.

 

Company Profile

 

 

Contoh Company Profile

 

 

Company Profile (Profil perusahaan) merupakan salah satu cara perusahaan untuk menjelaskan tentang perusahaannya. Hal ini biasa digunakan untuk menggapai investor ataupun pembeli agar semakin yakin terhadap perusahaan tersebut. Company Profile banyak dijumpai dalam bentuk website yang menjelaskan visi misi perusahaan, sejarah perusahaan, testimoni pembeli dan lain-lain.

Di dunia website yang begitu berkembang sampai saat ini, banyak sekali perusahaan yang sudah memiliki company profile sendiri. Kebanyakan perusahaan menggunakan situs website untuk menjelaskan profil perusahaan yang dimilikinya. Namun, jika kepengin perusahaan terlihat lebih canggih, perusahaan bisa membuat company profile yang dimilikinya dalam bentuk aplikasi Android.

Dalam aplikasi Android yang dimiliki perusahaan, perusahaan dapat menjelaskan seputar usaha yang dimilikinya. Mulai dari sejarah perusahaan, visi misi perusahaan, owner perusahaan, testimoni pembeli atau lainnya. Company profile dapat sangat berguna untuk meyakinkan calon investor atau calon pembeli terhadap perusahaan yang dimilikinya. Selain itu, company profile juga dapat digunakan sebagai media komunikasi dan penyampaian informasi tentang perusahaan kepada pihak-pihak terkait, baik internal maupun eksternal perusahaan (Baca: Fungsi Company Profile).

 

Portofolio Online

 

Contoh Portofolio

 

Salah satu kebutuhan bagi para freelancer adalah portofolio. Hal ini dikarenakan orang-orang yang membutuhkan jasa freelancer sangat perlu diyakinkan dengan portofolio dari freelancer tersebut. Portofolio sendiri merupakan kumpulan hasil karya yang telah dibuat oleh seorang freelancer. Seperti kumpulan gambar oleh freelancer designer, kumpulan program yang telah dibuat oleh freelancer programmer dan masih banyak lagi jenis freelancer lainnya yang memerlukan portofolio.

Daripada kerepotan membuat portofolio yang menarik calon pembeli, freelancer dapat membuat aplikasi Android untuk portofolio yang dimilikinya guna menarik para pengguna jasa freelancar. Dengan aplikasi Android yang berupa portofolio Online, freelancer dapat terlihat lebih berkelas bagi orang-orang yang mengunjungi aplikasi Android yang telah dibuat.

 

Online Shop

 

Contoh Online Shop

 

Bisnis online memang salah satu hal yang paling menjamur saat teknologi Internet berkembang. Tidak heran banyak orang-orang terutama anak muda memiliki pekerjaan tetap berupa jualan online. Para penjual online mempromosikan produk mereka melalui Sosial Media (Instagram, Facebook, dll) ataupun Online Marketplace (Tokopedia, BukaLapak, dll) bahkan sampai memiliki online store sendiri.

Jualan online memang memiliki prospek yang terus berkembang hingga saat ini. Oleh karena itu, para pemilik bisnis online juga dapat menjual produk-produknya melalui aplikasi Android. Dengan memasarkan produk melalui aplikasi Android, pembeli dapat lebih mudah melihat produk-produk yang dijual dengan lebih terorganisir. Yang pasti, aplikasi Android yang dibuat harus sudah mendukung sistem e-commerce untuk menjual produk di dalam aplikasi.

 


Demikian ide-ide yang bisa anda buat jika ingin memiliki aplikasi Android sendiri untuk bisnismu. Jika anda bertanya kenapa kita perlu untuk memiliki aplikasi Android sendiri, semoga artikel ini dapat menjadi jawaban untuk Anda.

Jika Anda sudah yakin untuk memiliki aplikasi Android bagi bisnis Anda sendiri, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara membuat aplikasi Android dengan mudah?

Juggle Jack merupakan sebuah startup baru di Indonesia yang memungkinkan penggunanya untuk memiliki aplikasi Android sendiri bagi perusahaannya.

Cukup dengan download dan Install Aplikasi Juggle Jack di Play Store, anda dapat membuat aplikasi Android sendiri di dalam aplikasi Juggle Jack ini (Baca: Cara Membuat Aplikasi Android dengan Juggle Jack (Mobile)). Jika anda merasa kerepotan dalam menggunakan aplikasi Juggle Jack, anda juga dapat membuat aplikasi Android melalui website sendiri (Baca: Cara Membuat Aplikasi Android dengan Juggle Jack (Web)). Hal inilah yang membedakan aplikasi Juggle Jack dibandingkan software pembuat aplikasi Android lainnya.

Juggle Jack sendiri sudah mendukung fitur e-commerce dimana Anda dapat melakukan jual-beli untuk aplikasi Android yang dibuat. Sehingga, anda tidak perlu kerepotan memikirkan cara-cara penjualan online lagi.

Jadi, daripada Anda kerepotan untuk belajar cara membuat aplikasi Android, ayo buat aplikasi android di Juggle Jack!