Tips Buat Aplikasi Dikenal dengan Application Software Optimization (ASO)

Tips Buat Aplikasi Dikenal dengan Application Software Optimization (ASO)
App Store Optimization atau yang biasa disingkat dengan ASO merupakan teknik untuk mengoptimasi aplikasi agar aplikasi memiliki peringkat yang tinggi pada suatu kata pencarian.

App Store Optimization atau yang biasa disingkat dengan ASO merupakan teknik untuk mengoptimasi aplikasi agar aplikasi memiliki peringkat yang tinggi pada suatu kata pencarian. Konsepnya hampir sama dengan SEO (Search Engine Optimization) dimana SEO digunakan untuk mengoptimasi pada pencarian search engine. ASO digunakan untuk mengoptimasi pencarian pada pasar aplikasi seperti Google Play untuk Android atau App Store untuk iOS.

Kebutuhan untuk memiliki aplikasi merupakan salah satu kebutuhan yang akan terus bertambah dari tahun ke tahun. Biaya pembuatan aplikasi pun masih tergolong variatif berdasarkan kompleksitas sistem yang dibuat serta harga yang diberikan oleh developer. Juggle Jack sendiri menyediakan jasa pembuatan aplikasi Android gratis untuk mendukung para UKM di Indonesia agar memiliki aplikasi Android untuk bisnisnya sendiri.

Kebutuhan yang terus bertambah ini membuat aplikasi yang ada di pasar aplikasi semakin banyak. Tercatat sebanyak 3 juta lebih aplikasi yang tersedia di Google Play Store pada bulan September 2017. Karena makin banyak aplikasi yang tersedia di pasar aplikasi, usaha untuk memasarkan aplikasi yang kita miliki menjadi suatu tantangan tersendiri.

Oleh sebab itulah muncul istilah App Store Optimization (ASO) untuk membantu para pemilik aplikasi agar dapat membuat aplikasi yang ramah dengan mesin pencarian. Optimasi ini ditujukan untuk membantu mesin pencari pada pasar aplikasi untuk dapat memunculkan aplikasinya saat pengguna mencari sesuatu. Namun di lain sisi, ASO sendiri tidak hanya berfokus pada mesin pencari namun juga membuat pengunjung mau meng-install aplikasi kita.

Berikut ini tips-tips sederhana untuk membuat aplikasi dikenal di pasar aplikasi.

 

1. Sisipkan Kata Kunci pada Judul Aplikasi

Saat kita membuat aplikasi, kita pasti menujukan aplikasi ini untuk kebutuhan tertentu. Kebutuhan inilah yang menjadi keunggulan dari aplikasi kita yang menjadi solusi bagi orang yang ingin meng-install aplikasi kita. Sisipkan kata kunci yang merupakan keunggulan dari aplikasi yang kita buat setelah nama aplikasi. Contohnya, jika kita memiliki aplikasi yang berjualan baju premium secara online, maka berikan judul aplikasi <Nama Toko> - Toko Baju Premium, atau kata kunci lainnya.

Tentunya untuk kata kunci sendiri sebenarnya kita perlu melakukan riset tersendiri. Riset ini ditujukan untuk menemukan kata pencarian yang sesuai dengan produk aplikasi kita, namun di satu sisi tingkat persaingan yang tergolong rendah. Jika kita mencari kata pencarian yang banyak dicari orang namun memiliki tingkat persaingan yang tinggi, maka akan sulit untuk produk kita dapat muncul di kata pencarian itu. Lain lagi jika kita sudah memiliki branding yang tinggi sehingga tidak usah terlalu memikirkan kata kunci ini.

Untuk Indonesia sendiri, sejauh pengalaman saya saat menerapkan teknik ASO pada aplikasi Juggle Jack. Kata kunci pada judul aplikasi merupakan cara yang paling penting untuk meningkatkan ASO kita. Saat menggunakan judul Juggle Jack - Buat Aplikasi Android, maka aplikasi akan muncul saat pencarian buat aplikasi Android namun tidak muncul pada pencarian membuat aplikasi Android. Hal ini juga berlaku sebaliknya, saat saya mengganti judul menjadi Juggle Jack - Membuat Aplikasi Android. Aplikasi hanya muncul pada pencarian membuat aplikasi Android namun tidak untuk pencarian buat aplikasi Android.

Oleh karena itu, riset kata kunci perlu diperhatikan bahkan sampai imbuhannya. Pada contoh kasus yang saya alami, saya memiliki penambahan pengguna yang lebih banyak saat menggunakan kata kunci Buat Aplikasi Android. Sehingga saya memakai kata kunci Buat Aplikasi Android pada judul aplikasi Juggle Jack.

 

2. Berikan Deskripsi Singkat dan Deskripsi yang Mengandung Kata Kunci

Deskripsi singkat merupakan satu kalimat sederhana yang menggambarkan aplikasi Anda. Hal ini akan membantu para pengunjung untuk mengetahui kegunaan dari aplikasi Anda. Tuliskan kalimat-kalimat praktis yang menjadi kebutuhan pengunjung sehingga pengunjung tertarik untuk meng-install aplikasi yang kamu buat.

Berbeda dengan deskripsi, yang merupakan keterangan lengkap untuk menjelaskan aplikasi yang kamu buat secara terperinci. Di deskripsi ini, kamu dapat menaruh kata kunci yang kamu fokuskan kurang lebih sebanyak 4-5 kali. Jangan terlalu kebanyakan yang malah dapat merusak kenyamanan pembaca, namun jangan terlalu sedikit agar kata kunci yang dibuat dapat lebih efektif di mesin pencari. Namun, efektivitas pada mesin pencari sebenarnya masih perlu dipertanyakan. Oleh sebab itu, sebaiknya fokus untuk membuat deskripsi yang menarik untuk dibaca daripada deskripsi yang terlalu berfokus pada kata kunci.

 

3. Masukkan Gambar dan Video yang Menarik

Elemen gambar dan video merupakan elemen yang akan sangat mempengaruhi keputusan pengunjung. Melalui elemen gambar dan video, secara tidak langsung akan menentukan penilaian pengunjung terhadap aplikasi buatanmu. Jika gambar dan video yang diberikan tidak memiliki kualitas yang cukup baik, pengunjung tidak akan tertarik untuk melakukan install pada aplikasi yang dibuat.

Untuk itu, sebaiknya luangkan waktu tersendiri untuk membuat tampilan gambar mulai dari ikon, feature graphic serta screenshot yang menarik dan memberikan gambaran jelas dari aplikasi yang kamu miliki.

 

Berikut merupakan tips penerapan ASO sederhana yang dapat kamu lakukan untuk membantu meningkatkan aplikasimu pada mesin pencarian di pasar aplikasi. Langkah pertama merupakan langkah yang paling penting untuk mendukung aplikasi pemula. Namun langkah kedua dan ketiga belum teruji secara penuh pada penerapan ASO dengan bahasa Indonesia. Jadi saran saya, sebaiknya kamu fokus pada kata kunci yang sesuai dengan aplikasimu untuk mendapatkan interaksi dari pengunjung. Sedangkan langkah kedua dan ketiga akan membantumu untuk membuat pengunjung ingin install aplikasi buatanmu. Semoga membantu dan selamat mengoptimasi aplikasimu!